Kamis, 14 Januari 2016

Apa itu teman? Teman adalah seseorang yang ada disisi kita saat senang ataupun sedih. Teman adalah seseorang yang selalu ada saat kita membutuhkan pertolongan. Teman adalah sahabat yang memahami bagaimana sifat dan perasaan kita. Sudahkah kita menjadi teman yang baik? Atau pertemanan hanya bertepuk sebelah tangan? (*Haha.. apa-apan itu?)
Pengertian teman di era sekarang ini telah bertransformasi. Pertemanan yang bertepuk sebelah tangan, maksudnya hanyalah pertemanan satu arah. Misal nih, kita udah berusaha jadi teman yang baik. Tapi, si teman malah nggak nganggep kita jadi teman(*ngerti nggak bacanya?). Oh oh.. kasian sekali. Atau kita dianggap teman pas kalo lagi butuh bantuan kita aja. Kalo udah gak butuh, pada kabur entah gak ada kabar. Intinya, cuman manfaatin aja gitu. Waah teman macam apa ini? Emang ada yang kayak gitu?? (*Banyaak). Ada lagi nih, teman tapi pilih-pilh yang selevel. Misalnya, temenan sama yang cakep-cakep aja, atau yang pinter-pinter aja, yang kaya-kaya aja. (*yang munafik-munafik aja? haha).
Tapi gaes, nggak semua orang yang berteman seperti yang dicontohkan diatas. Ada juga orang-orang yang tulus berteman dengan kita. Yang dapat memahami sifat dan perasaan kita (*walau cuma dikit tapi ada laah, nih akuh contohnya.. haha..). Maka dari itu, pilihlah teman yang baik yaa. Eits.. tapi jangan lupa, kita sendiri juga harus intropeksi diri, apakah kita udah layak jadi teman yang baik? Kalau ingin dapet temen baik kitanya juga harus baik dulu dong.
Contoh nih Rasullullah SAW dengan para sahabatnya. Persahabatan mereka benar-benar tulus. Saling menghormati, saling melindungi, dan saling menasehati jika ada yang salah. Rasul sendiri tidak membedakan antara sahabat yang satu dengan yang lain. Beliau menganggap semua adalah sahabatnya. Tak peduli statusnya sebagai budak atau raja. Semuanya sama. (*Subhanallah yah)
Semoga kita dapat mencontoh persahabatan Rasul yaa. Jadi sahabat dunia akhirat saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. (*Aamiin)

0 komentar:

Posting Komentar

Teman

Popular Posts

Text Widget